Sabtu, 06 Oktober 2018

Manajemen Database (Database Management System)


DBMS (Database Management System) adalah software yang dirancang untuk melakukan pengaturan pada data yang berjumlah besar dan saling berelasi. DBMS menyembunyikan setiap detail kompleksitas dalam penyimpanan, pengambilan dan pemrosesan data.
Kebutuhan akan ketersediaan data sangat diperlukan tidak hanya bagi perorangan tetapi juga untuk organisasi dari berbagai level. Organisasi memerlukan data yang akurat dan tersedia setiap saat, untuk membantu memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan di setiap level organisasi. Data dalam jumlah yang besar memerlukan pengaturan data yang efektif sehingga dapat diperoleh informasi secara cepat dan informasi yang dihadirkan dapat relevan dengan kebutuhan pengguna saat itu.
Beranjak dari kebutuhan tersebut, dibutuhkan suatu data management system yang kuat, fleksibel dan sanggup menangani kompleksitas data. User memerlukan alat bantu yang menyederhanakan pengaturan data dan mampu memberikan informasi yang berguna pada waktu diperlukan.
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal Usaha Distro- Sistem Informasi Manajemen (Systems Development Life Cycle)

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya  kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan  kebutuhan fashion, maka...